Mencari mobil keluarga dengan budget di bawah 50 juta rupiah selalu menjadi perbincangan hangat di kalangan pemburu mobil yang mengutamakan kabin luas dan harga yang terjangkau. Terutama di tengah rencana kenaikan harga BBM yang menjadi pertimbangan tambahan bagi calon pembeli untuk lebih bijaksana dalam mengalokasikan anggaran untuk kendaraan. Ditambah menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H/ 2024 yang akan melakukan perjalanan mudikv dalam upaya memberikan solusi untuk para keluarga dengan anggaran yang ketat, opsi mobil keluarga di bawah 50 juta rupiah tetap menjadi pertimbangan yang menarik.
Meski terbatas, pilihan mobil bekas dalam kisaran harga ini tidak hanya memenuhi kriteria kabin luas, tetapi juga mencakup mobil-mobil yang memiliki sejarah legendaris pada zamannya. Jadi, bagi para pemburu mobil yang ingin mengeksplorasi opsi terbaik dalam kategori ini, rekomendasi mobil bekas di bawah 50 juta rupiah bisa menjadi panduan yang sangat berguna. Dengan berbagai pilihan yang akan diulas, mari kita selami dunia mobil bekas yang memadukan kualitas, kepraktisan, dan tentu saja, daya tahan.
Daihatsu Espass 1.3
Daihatsu Espass 1.3 tahun 2005, dengan kisaran harga antara Rp30 juta hingga Rp37 juta, adalah pilihan menarik dalam kategori mobil keluarga dengan budget terbatas. Espass menjadi favorit di Indonesia selama periode penjualannya dari tahun 1994 hingga 2007, terutama karena ruang kabinnya yang luas dan mampu mengakomodasi hingga 8 penumpang dewasa tanpa perlu merasa sesak, ditambah dengan kemampuan untuk membawa barang bawaan di bagasinya. Saat itu, minibus masih menjadi pilihan utama di pasar otomotif Indonesia.
Seiring perkembangan waktu, Daihatsu Espass mengalami peningkatan teknologi dengan menggunakan sistem injeksi bahan bakar pada keluaran terbarunya. Hal ini tidak hanya membuatnya lebih efisien dalam konsumsi BBM, tetapi juga meningkatkan performanya. Versi terbaru Espass, yang ditenagai oleh mesin 1.3 liter, mampu menghasilkan daya sebesar 82 PS dan torsi 114 Nm. Sementara itu, mesin 1.6 liter menawarkan tenaga sebesar 97 PS dan torsi 138 Nm, memberikan variasi pilihan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Meskipun Espass menawarkan kelebihan dalam hal kenyamanan dan kapasitas penumpang, beberapa kekurangan juga perlu diperhatikan. Desainnya yang sederhana dan fiturnya yang standar mungkin tidak memenuhi ekspektasi pengemudi modern. Keluhan terkait suspensi yang terasa keras juga sering muncul, menjadi sesuatu yang perlu dipertimbangkan oleh pengemudi yang mengutamakan kenyamanan selama perjalanan.
Meski begitu, Daihatsu Espass tetap menjadi opsi menarik bagi mereka yang mencari mobil keluarga dengan harga terjangkau, memadukan kepraktisan dan daya tampung yang luas, walaupun dengan beberapa keterbatasan dalam segi desain dan kenyamanan.
Toyota Kijang Kapsul SGX
Toyota Kijang Kapsul SGX tahun 1998, dengan kisaran harga antara Rp47 juta hingga Rp50 juta, membuktikan dirinya sebagai salah satu mobil keluarga yang sangat ideal di Indonesia. Kelebihan utamanya terletak pada kabin yang luas dan mampu menampung hingga 8 orang, serta reputasinya sebagai kendaraan yang mudah dalam perawatan dan penyediaan suku cadang yang stabil.
Seiring dengan perkembangan teknologi, Kijang Kapsul SGX awalnya menggunakan sistem karburator, namun versi terbaru yang lebih disukai saat ini adalah yang dilengkapi dengan sistem injeksi (EFI), terutama untuk model produksi setelah tahun 2000. Keberadaan teknologi injeksi membawa dampak positif terutama dalam efisiensi konsumsi BBM, mengubah persepsi bahwa Kijang yang sebelumnya dianggap boros dapat menjadi lebih hemat bahan bakar.
Toyota Kijang Kapsul SGX hadir dengan dua pilihan mesin. Mesin bensin menggunakan mesin berkode 7K berkapasitas 1.800 cc 4 silinder, mirip dengan generasi Kijang sebelumnya. Di sisi lain, varian diesel menggunakan mesin 2L berkapasitas 2.400 cc dan 4 silinder. Kedua varian mesin ini diakui memiliki performa yang tangguh, memenuhi ekspektasi pengguna Kijang yang umumnya mengandalkan mobil ini sebagai kendaraan serbaguna untuk berbagai keperluan.
Dengan kenyamanan yang ditawarkan oleh kabin yang luas, kemudahan perawatan, dan pilihan mesin yang tangguh, Toyota Kijang Kapsul SGX tahun 1998 tetap menjadi pilihan menarik bagi keluarga yang mencari mobil handal dengan harga terjangkau.
Hyundai Trajet GL8
Hyundai Trajet GL8 tahun 2005, dengan kisaran harga antara Rp45 juta hingga Rp49 juta, membuktikan bahwa mobil keluarga yang terjangkau juga dapat menghadirkan sentuhan kemewahan. Trajet, yang dipasarkan di Indonesia antara tahun 2000-2009, menawarkan kombinasi harga yang ramah di kantong dengan fitur-fitur mewah yang membuatnya menonjol di kelasnya.
Generasi awal Trajet awalnya didatangkan secara CBU sebelum akhirnya dirakit di dalam negeri dengan beberapa penyesuaian fitur. Tampilan mewahnya tidak hanya terbatas pada luaran, tetapi juga dapat dirasakan di dalam kabin. Baris kedua dengan captain seat, table tray, jok berbalut kulit, dan sunroof (pada generasi awal) menjadikan Trajet unggul dalam memberikan kenyamanan kepada penumpangnya, membedakannya dari mobil-mobil sekelasnya yang cenderung lebih sederhana.
Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Hyundai Trajet adalah kenyamanan maksimal selama perjalanan. Suspensinya memberikan pengalaman berkendara yang lembut, menjaga stabilitas mobil saat dikebut dalam kecepatan tinggi dan saat melakukan manuver. Meskipun demikian, ada catatan terkait konsumsi BBM yang cenderung boros, mencapai 7-8 km/liter di dalam kota. Hal ini sebagian disebabkan oleh bobot mobil yang cukup berat, mencapai 1,5 ton. Meski begitu, Hyundai Trajet GL8 tahun 2005 tetap menjadi opsi menarik bagi mereka yang menginginkan kombinasi antara kemewahan dan kenyamanan dalam sebuah mobil keluarga dengan budget terbatas.
Daihatsu Taruna 2001
Daihatsu Taruna 2001, dengan kisaran harga antara Rp45 juta hingga Rp48 juta, menawarkan opsi yang menarik bagi para pencari kendaraan low SUV yang dapat menampung keluarga dengan nyaman. Mobil ini mempunyai sejarah yang mencolok sebagai cikal bakal Daihatsu Terios, dan hadir dalam dua generasi yang terdiri dari sasis pendek (C-Series) dan sasis panjang (F-Series). Dalam konteks ini, pilihan terbaik jatuh pada varian sasis panjang yang telah tersedia sejak tahun 2001, memberikan kemampuan untuk menampung hingga 7 penumpang.
Daya pacu Taruna berasal dari mesin 1.500 cc HE-E Electronic Fuel Injection (EFI), memberikan kombinasi efisiensi konsumsi BBM yang lebih baik tanpa mengurangi performa tangguh yang diperlukan sebagai mobil penjelajah. Efisiensi BBM mencapai 10 km per liter di dalam kota, menegaskan bahwa Taruna tidak hanya menawarkan kenyamanan, tetapi juga efisiensi bahan bakar yang diperlukan oleh pengemudi yang cerdas.
Kelebihan Taruna tidak hanya terletak pada aspek performa, tetapi juga pada kenyamanan dan keandalan yang dihadirkannya. Suspensi yang nyaman membuat perjalanan semakin menyenangkan, dan plat body yang tebal memberikan rasa aman bagi pengemudi dan penumpang. Apresiasi terhadap Taruna juga dapat dilihat dari kelimpahan spare part, memberikan keuntungan lebih bagi pemiliknya, terutama untuk yang menghargai mobilitas dan kepraktisan.
Selain itu, Taruna memberikan nilai tambah dengan sejumlah fitur canggih yang tetap relevan di zamannya. Power window, electric mirror, sistem audio 1DIN, dan AC dengan blower tengah adalah bukti bahwa Taruna tidak hanya mengutamakan keandalan, tetapi juga kenyamanan dan kemudahan penggunaan. Sehingga, meskipun telah berusia, Daihatsu Taruna 2001 tetap menjadi pilihan yang menarik bagi keluarga yang menginginkan SUV yang handal, nyaman, dan terjangkau.